SEJARAH KHAT RIQ'AH

Seni Kaligrafi Islam (khat) merupakan khazanah tertua di dunia yang masih dimiliki oleh umat Islam. Perkembangan Islam yang tersebar ke seluruh dunia, menyaksikan kaligrafi Islam teradaptasi dengan perubahan yang berlaku tanpa menghilangkan ciri dan nilai keislamannya. Seni Khat Islam banyak jenis dan macamnya salah satunya adalah  Khat Riq’ah salah satu jenis khat yang cukup populer dalam seni kaligrafi arab.
Khat Riq’ah sendiri mulai dirancang pada masa pemerintahan Utsmaniyah (Turki) pada tahun 850 H. dengan tujuan untuk menyeragamkan tulisan khususnya di kalangan pemerintahan. Ada
yang berpendapat permulaan tulisan ini bermula pada 15 M. Hal ini terbukti dari penemuan tulisan Sultan Sulaiman Al Kanury, tulisan Damad Ibrahim Pasya (973 H), tulisan Sultan Abdul Hamid (1204 H), Sedangkan menurut Muhammad Tahir Kurdi menyebutkan, bahwa penggagas dan peletak dasar-dasa kaidah khat Riq’ah  adalah Mumtaz Bek, Seorang konsultan di zaman Sultan Abdul Majid Khan sekitar tahun 1280 M. Posisi Riq’ah diantara khat Diwani dan khat Siyaqat, dimana Mumtaz Bek sangat mashur dengan keahlianya di bidang Diwani seperti kaligrafer lainnya.
Ciri dari tulisan ini adalah hurupnya yang kecil lebih mudah di tulis dan tidak banyak memerlukan lekukan-lekukan pada ujung hurupnya, sehingga pengerjaannya bisa lebih cepat dibandingkan dengan pendahulunya (Khat naskhi dan Tuluts). Menurut bahasa Riq’ah berarti potongan daun untuk menulis. Merupakan jenis khat yang paling digemari oleh para penulis pada masa pemerintahan Ustmianiyah. Tulisan ini terus mengalami banyak perbaikan salah satu tokoh yang berpengaruh dalam perkembangan tulisan ini adlah Shaikh Hamdullah al-Amas. Pada masa perkembangannya hingga sekarang khat Riq’ah mulai digunakan dalam urusan sehari-hari, diantaranya surat-menyurat, bisnis dan perdagangan, periklanan, surat kabar, majalah dan sebagainya. Agar lebih mudah digunakan tulisan ini mulai dipelajari di sekolah-sekolah.

KHAT RIQ'AH

CONTOH KHAT RIQ'AH






Download Sejarah Khat Riq'ah

Sumber Gambar: http://oramutu.heck.in/

Comments

Popular posts from this blog

SEJARAH KHAT RAIHANI

PENGERTIAN KHAT (KALIGRAFI ARAB)