SEJARAH KHAT RAIHANI

Bentuk Khat Raihani lebih mirip dengan Khat Tsuluts, karena Khat ini merupakan perpaduan antara Khat Tsuluts dan Kaht Naskhi yang di kembangkan oleh para ahli kaligrafi pada masa kerajaan Usmaniyah. Namun bentuk huruf pada Khat Raihani lebih lebar dan panjang daripada Khat Tsuluts. juga terdapat penambahan tanda syakal. Khat Raihani lazim digunakan untuk penulisan ijazah oleh seorang guru kaligrafi kepada muridnya, oleh karena itu Khat Raihani disebut juga Khat ijazah.
Pencipta gaya khat ini adalah kaligrafer besar Ali Ibnu Hilal atau Ibnu Bawab, namun berhubungan erat dengan Ali Ibnu Al-Ubaidah Al-Raihan (w 834 M), dari siapa nama tersebut diambil, sumber lain mengaosiasikan Raihani dengan kata Raihan yang berarti ( harum semerbak) karena keindahan dan popularitasnya
Menurut Hashim Muhammad al-Khuttat dalam kitabnya Qawa’id al-Khatti li al-Araby bahwa kaligrafi menulis dengan gaya Raihani sangat mengasyikkan dan menarik. Karena tulisan ini lebih sederhana, tidak terdapat tulisan yang menumpuk, fleksibel, elastik mudah untuk dibentuk sesuai dengan tempat tanpa mengorbankan keasliannya.

Jenis Khat ini menjadi lebih menarik, indah dan mempesona apabila dihasilkah oleh seorang seniman naturasils. Tulisan ini dibuat lebih menyerupai benda-benda seperti buah-buahan, perahu, hewan, gelas ataupun tumbuhan. Dan bentuk tulisan inilah yang merupakan hasil karya seni paling indah dalam perkembangan seni Islam khsusnya dalam bidang kaligrafi Arab.




Comments

Popular posts from this blog

SEJARAH KHAT RIQ'AH

PENGERTIAN KHAT (KALIGRAFI ARAB)