KALIGRAFI GLASS

Berikut ini adalah beberapa contoh kaligrafi arab dengan berbagai jenis khat. Di ambil dari buku berjudul: “325 Contoh Kaligrafi Arab” yang disusun oleh M. Misbachul Munir (1967). Beliau adalah seorang penulis kaligrafi asal Gresik Jawa Timur. Berpendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah, Pondok Pesantren Ilmu Alquran (P.I.Q) Singosari, dibawah asuhan K.H.M. Basori Alwi (1982-1990). Beliau mulai menekuni kaligrafi Arab, sejak “mondok” di pesantren Ilmu al Quran, Singosari, semula belajar sendiri dengan mencontoh buku-buku kaligrafi yang ada. Kemudian pada tahun 1985-1988 berguru pada K.H. Rofi’I Abdul Karim, pengasuh P.P. Ihya’us Sunnah, Krakasan, yang pernah menulis surat kabar Arab Saudi.
Prestasi yang pernah diraih adalah: pada tahun 1985 juara 1 Musabaqoh Khotil Quran (MKQ) Tk.1 Jawa Timur di Surabaya. Pada tahun 1987 meraih tiga kejuaraan sekaligus, yaitu: Penulisan Buku, Dekorasi, Hiasan al Quran Tk.1 Jawa Timur di Tulungagung, pada tahun 1988 juara tingkat Nasional di Bandar Lampung. Karya-karya yang pernah ditulis adalah: Tiga kali menulis Juz Amma ukuran besar (60x80 cm), Menyusun buku “Mabady Durusil Khathi” (Pelajaran Dasar menulis Halus Arab) C.V al Ihsan, Surabaya, “Ta’Limul Khatil Araby” (Pelajaran menulis Indah Huruf Arab) Khat Naskhi jilid 1 dan 2, penerbit Salim Nabhan, Surabaya, dan masih banyak lagi.
Namun dalam postingan kali ini disamping menampilkan versi aslinya, saya akan mencoba menampilkan versi yang berbeda yaitu menggunakan photoshopCS2, atau saya sebut sebagai kaligrafi Glass, karena baik backgroud maupun tulisnnya seolah-olah terbuat dari glass (kaca).

Versi Asli

PhotoshopCS2









QS AN NAML AYAT 30

Popular posts from this blog

SEJARAH KHAT RAIHANI

SEJARAH KHAT RIQ'AH

PENGERTIAN KHAT (KALIGRAFI ARAB)