CARA PEMBUATAN KALIGRAFI JEPANG

Sama seperti seorang seniman mencampur warna pada palet sebelum dia mulai melukis, maka  yang harus dilakukan oleh seorang kaligrafer, adalah:
1.      Mencampur air dan sumi. Di sini Anda dapat melihat Tsurutani sensei menggunakan Mizusashi untuk menambahkan sedikit air untuk cekungan di salah satu ujung batu asahan suzuri.


2.      Mengambil tongkat dari sumi, yang dapat Anda lihat di latar depan gambar terakhir, dan menggosok dengan lembut pada suzuri tersebut, pencampuran dengan air untuk membentuk tinta cair.


3.      Mencelupkan kuas ke dalam tinta, pastikan kuas tersebut memungkinkan untuk menyerap jumlah yang tepat. Sikat kaligrafi yang anda lihat di sini bahan bulunya terbuat dari rambut kuda.

4.      Akhirnya proses pembuatan kaligrafi Jepang bisa dimulai. Tangan kiri memegang kertas dan tetap fokus pada pembuatan karakter kanji. Tsurutani sensei menulis setiap stroke dalam urutan tertentu, menerapkan atau mengurangi tekanan untuk menghasilkan bentuk yang paling seimbang.

5.      Berikut adalah hasilnya, sebuah kaligrafi Jepang yang bertuliskan “Yume” artinya mimpi. Kaligrafi yang telah selesai dibuat harus dibiarkan kering selama beberapa hari supaya tinta tidak melebar dan dapat mempengaruhi keindahan bentuk tulisan.

Untuk lebih lengkapnya silahkan download dalam format word


Sumber:
http://www.japanese-name-translation.com/

Comments

Popular posts from this blog

SEJARAH KHAT RAIHANI

SEJARAH KHAT RIQ'AH

PENGERTIAN KHAT (KALIGRAFI ARAB)